Mumtahana

Al – Mumtahanah, Q.S. 60, yang berarti “Wanita yang Diuji”

Puluhan kali saya menjawab pertanyaan apa arti nama saya semejak SD.

Dan puluhan kali saya dibilang kasihan karena arti nama saya berat, sering diuji.

Dan puluhan kali saya juga menjawab bahwa ujian tidak mesti kesedihan atau kesengsaraan, karena kebahagiaan atau anugerah itu juga bentuk ujuan.

Karena semakin diuji berarti kita semakin disayang. Dan saya percaya bahwa Allah tidak akan menguji makhluk-Nya melampaui batas kemampuan seperti yang tertera dalam firman-Nya.

Sebagaimana Sabda Rasulullah SAW:

Besarnya pahala sesuai dengan besarnya ujian dan cobaan. Sesungguhnya Allah ’Azza wa jalla bila menyenangi suatu kaum Allah menguji mereka. Barangsiapa bersabar maka baginya manfaat kesabarannya dan barangsiapa murka maka baginya murka Allah. (HR. Tirmidzi).

That’s why I never looked so mad. I always choose to cry and then smile again 🙂

Leave a comment